Tujuh Hal Mengenai Gobak Sodor, Mengingatkanmu pada Masa Kecil

Merayakan waktu luang tanpa gadget
description
sekolahdasar.net

Permainan gobak sodor mungkin akrab dengan generasi 90-an. Permainan yang biasa dimainkan pada waktu istirahat sekolah, sore hari, atau waktu-waktu yang dikehendaki. Permainan yang hari ini sulit digelar karena minimnya ruang kosong untuk bermain. Permainan yang membuatmu lupa waktu, sampai-sampai Ibumu menghampiri dan memintamu pulang. Eits, biar lebih jauh flash back-nya, tuntaskan dengan mengingat 7 hal mengenai gobak sodor di bawah ini, yuk!


1. Cara bermain

#PP 7 Hal Mengenai Gobak Sodor, Mengingatkan Kita Pada Masa Kecil!
starjogja.com

Cara bermain gobak sodor mungkin memiliki variasi pada tiap tempat, namun secara umum permainan gobak sodor adalah permainan tradisional yang terdiri dari 2 grup, yaitu grup jaga dan grup penyerang. Setiap pemain di grup jaga bertugas untuk berjaga dengan cara membuat penjagaan berlapis kebelakang sambil merentangkan tangan agar tidak dapat dilalui oleh lawan. Satu pemain lagi bertugas di garis tengah yang bergerak tegak lurus dari penjagaan lainya, dinukil dari Jurnal Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Volume 4, Nomor 1, Edisi Juli 2014. Gimana, mulai kangen 'ribut-ribut' sama teman kecil saat kalian menjadi penyebab kesalahan dan bergantian berjaga? hehe.


2. Memiliki beragam nama di banyak tempat

description
adakita.news

Di Jawa Tengah dikenal ada permainan gobak sodor, yang di Jakarta disebut galasin, di Sumatara Utara disebut margalah dan di tempat lain boleh jadi memiliki nama yang lain lagi. Sedangkan Direktur Keolahragaan, masih dinukil dari Jurnal Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Volume 4, Nomor 1, Edisi Juli 2014 permainan ini diberi nama permainan hadang. Nama hadang ditetapkan berdasarkan hasil pengamatan, bahwa di dalam permainan ini tugas pemain adalah menghadang. Nah, nama permainan ini di tempatmu apa, guys?



3. Mengasah kepemimpinan

description
poskita.co

Menjadi hal lumrah di setiap permainan atau apa pun memerlukan seorang pemimpin, Tak terkecuali dalam permainan gobak sodor ini. Ia seumpama kapten dalam kesebelasan sepak bola yang berusaha menjadi kunci dalam sebuah tim. Namun, dalam gobak sodor pemimpin tidak lah terlihat sebagaimana kapten dalam sepak bola. Ia mengalir begitu saja dalam setiap permainannya. Udah mulai ingat, kan?. Beberapa kali kamu dibisiki oleh temanmu saat masih dalam satu bujur garis? hehe.



4. Membutuhkan kerjasama yang baik

description
inibaru.id

Kerjasama ialah kunci. Entah kamu sedang dalam posisi berjaga atau menyerang kerjamasama dalam gobak sodor begitu penting. Seperti kamu sepakat dengan temanmu untuk mengecoh dalam menerobos satu garis. Ingat, kan?



5. Adu strategi

description
lembagakebudayaanbetawi.org

Strategi akan membawa kerangka permainan menjadi jelas. Meski tanpa pelatih, strategi tetap ada dan penting dalam gobak sodor. Misalnya kamu memilih untuk menjadikan salah seorang target untuk terperangkap dalam garis yang kamu jaga karena terindikasi paling mudah untuk terperangkap.


6. Mengasah ketangkasan

description
batangkab.go.id

Bagaimana tidak melatih ketangkasan, jika dalam permainannya memang penuh strategi dan dimainkan dengan cara yang cepat. Hehe berapa kali kamu terperangkap karena terjebak dan kalah cepat, guys?


7. Permainan yang menyehatkan

description
srimartani.bantulkab.go.id

Permainan tradisional memang dikenal dengan banyak permainannya yang mengedepankan kecerdasan motorik. Selain menyenangkan, permainan tradisional atau dalam hal ini gobak sodor juga menyehatkan. Bisa menjadi alternatif olahraga agar tubuh terus bergerak.
hmm kenapa memandangi gadgetmu, kangen gobak sodor dan teman-teman kecilmu, ya?. Yuk, letakkan gadgetmu dan ajak temanmu main. Eh, merasa malu karena sudah begitu dewasa, ya?. Yasudah, keluar rumah!, siapa tahu ada anak-anak yang sedang bermain gobak sodor untuk merayakan waktu-waktunya tanpa gadget. hehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Enam Tips Menjelaskan Seksualitas pada Anak, Penting untuk Orang Tua!*

Tujuh Hal Mengenai Naja, Si Anak Cerebral Palsy Penghafal 30 Juz Alquran

Tetaplah Berkontribusi!